Rabu, 03 Juni 2009

DESAIGN PRODUK UKM HARUS DIPERHALUS DAN DIPERCANTIK

Kualitas produk pengrajin UKM Jatim sudah bagus tetapi design-nya perlu diperhalus dan dipercantik. Finishing harus betul-betul diperhatikan sehingga produk yang dihasilkan lebih baik.
Hal itu ditegaskan Ketua Dekranasda Jatim Dra.Hj.Ny.Nina Soekarwo, MSi seusai mengadakan seleksi produk unggulan UKM, di Gedung Dekranasda Jatim Jl. Kedungdoro 89 Surabaya, Kamis (5/3).
Menurutnya, jika design tidak dikembangkan nantinya akan kalah dengan produk luar negeri yang sudah banyak masuk ke pasar Indonesia. Oleh karena itu, Dekranasda Jatim harus terjun langsung mengadakan pembinaan guna memacu pengrajin UKM sehingga mempunyai daya saing tinggi.
Dari sekitar 400 UKM yang dibina Dekranasda Jatim, 60 UKM dari beberapa kab/kota diundang mengikuti Seleksi Produk Unggulan UKM yang mempunyai ciri khas Jatim. Produk UKM yang ikut seleksi terdiri dari jenis batik, bordir, kerajinan tas, sepatu dan koper, sampai perhiasan dan asesories dari batu-batu permata. Bagi yang lolos akan mengikuti dan mengisi 21 stand Jatim pada Pameran Dekranas di Jakarta Convention Centre (JCC) pada 18-25 Maret mendatang. “Pasca pameran nanti diharapkan langsung bisa terjadi transaksi,” harapnya.
Bagi peserta yang tidak lolos seleksi, lain waktu masih ada kesempatan. Untuk itu tim terpadu terdiri dari Dinas Koperasi, Disperindag, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Jatim, serta Biro Perekonomian Setda Jatim diharapkan bisa mencarikan solusi. Karena melalui UKM akan bisa berkembang ke sektor pariwisata, untuk itu harus ada keterpaduan dalam penanganan UKM ini dan menjaga kontinyuitas pameran.
Dalam seleksi Ketua Dekranasda Jatim juga didampingi Ny. Hj. Fatma Saifullah Yusuf, Ny.Chusnul Arifin Damuri, Ny. Chairul Djaelani, Kepala Disperindag dan Ny. Zaenal Abidin, Kepala Dinas Koperasi Braman Setyo, Ny. Fatah Yasin, dan lain-lain (Humas Pemprop Jatim – Sil)




Surabaya, 5 Maret 2009

A.n. KEPALA BIRO HUMAS DAN PROTOKOL
Kepala Bagian Media dan Dokumentasi



Drs. SUHARDJO BAGUSTANTO, MSi
NIP. 510 063 268

Tidak ada komentar: