Rabu, 03 Juni 2009

GUBERNUR SPONTAN BERI BANTUAN 50 EKOR KAMBING ETAWA

Gubernur Jatim DR. Soekarwo dalam kunjungannya ke Kabupaten Pacitan, minggu siang (8/3) secara spontan memberikan bantuan 50 ekor kambing etawa kepada Kelompok Tani di Desa Jetis Lor dan Desa Bandar Kecamatan Nawangan masing-masing 25 ekor.
Bantuan spontan tersebut dikemukakan Gubernur ketika melihat dari dekat perkembangan ternak etawa yang dilakukan Kelompok Tani Dono Asih di Lapangan Desa Jetis Lor.
Pada kesempatan itu Gubernur juga berjanji akan membantu mencarikan pinjaman Bank dengan bunga rendah yang disubsidi Pemda, sehingga Kelompok Tani di kedua desa tersebut bisa lebih berkembang yang pada akhirnya akan dapat mensejahterakan seluruh anggotanya.
Menurut Soekarwo ternak kambing etawa sangat menjanjikan karena selain daging, susunya banyak yang membutuhkan karena baik untuk kesehatan khususnya untuk penyakit asma dan menambah vitalitas. “ Yang baik piara kambing itu 10 banding 1 artinya 10 betina 1 pejantan.” imbuhnya.
Pakde yang didampingi Bude Karwo kelihatan sangat akrab dengan masyarakat di kedua desa tersebut juga berharap agar Pacitan menjadi Kabupaten Kambing, seperti Bojonegoro yang dikenal dengan Kabupaten sapinya.
Menanggapi permintaan masyarakat untuk membangun secara khusus Pasar Kambing, Gubernur mengatakan bahwa hal itu tidak terlalu penting yang lebih penting adalah mengembangkan produk ternak untuk dipasarkan bisa melalui komunikasi antara para pembeli dengan Kepala Desa.
Sementara itu Ketua Kelompok Tani Dono Asih Desa Jetis Lor Bahrudin menyatakan, kelompoknya mempunyai 62 anggota. Di Tahun 2005 baru memiliki 25 ekor etawa terdiri dari 20 betina dan 5 jantan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Pacitan. “Saat ini kami sudah memiliki 248 ekor dan akan terus digulirkan kepada anggota bahkan ke kelompok tani lainnya,“ tambahnya.
Sedangkan Ketua Kelompok Tani Rukun Santosa Desa Pakis Baru Nawangan Sutarni mengatakan kelompoknya yang beranggotakan 54 orang kini telah memiliki 209 ekor etawa dari semula di tahun 2006 yang baru 110 ekor.
Pihaknya juga terus berupaya untuk mengembangkan usahanya dengan memberikan bantuan kambing secara bergulir yang bisa diangsur 2 bulan sekali sesuai dengan harga kambing yang diterimanya minimal Rp. 1 Juta / ekor. (Humas Pemprov.Jatim/Shd).

Surabaya, 8 Maret 2009
A.n. Kepala Biro Humas dan Protokol
Kepala Bagian Media dan Dokumentasi


Drs. SUHARDJO BAGUSTANTO, MSi
NIP. 510 063 268

Tidak ada komentar: