Rabu, 03 Juni 2009

KAKANWIL DIANGKAT SEBAGAI KEPALA PELAYAN PARA KIAI

Untuk pertama kali pelantikan pejabat dihadiri oleh para kiai menunjukkan bahwa terpilihnya Karsa merupakan amanah dari para kiai, tokoh agama yang nantinya setiap perumusan kebijakan di Jawa Timur akan melibatkan para kiai, tokoh masyarakat dan tokoh agama.
Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, saat pelantikan Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Timur di Gedung Grahadi, Rabu (25/2).
Dikatakannya, para pejabat Jawa Timur nantinya harus terbiasanya dengan hadirnya para kiai, tokoh agama dan tokoh masyarakat di lima tahun ke depan. Momen kali ini merupakan latihan pertama dimana para pejabat birokrat bertemu dengan para tokoh agama.
Seperti diketahui berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama nomor B. II/3/0094/2009 tanggal 28 Januari 09, memutuskan untuk melantik Drs.H.Imam Haromain Asy’ari,MSi sebagai Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Timur menggantikan Drs. Rosyikin MM,MPA.
Dalam sambutannya Gubernur menitikberatkan bahwa Kakanwil dilantik untuk menjadi pelayannya para tokoh agama, para kiai bukan menjadi kepalanya para kiai untuk itu harus ada komunikasi antara kanwil dan para tokoh agama dan tokoh masyarakat.
Gubernur mengingatkan bahwa masalah serius yang ada di Jawa Timur ,bahwa Amerika sebagai jagonya liberalisme kini telah gugur. Amerika sudah tidak memegang lagi konsep liberalisme mekanisme pasar. Jangan sampai konsep liberasime malah berkembang di Jawa Timur, khususnya di bidang agama ini merupakan kerja berat dan pekerjaan rumah Kakanwil.
Harapannya dengan adanya dukungan para ulama akan tercipta suasana yang kondusif di Jaw Timur hubungan antar umat beragama, antara pemeluk agama itu sendiri dan tokoh masyarakat.
Pekerjaan pemerintah provinsi sebagai kepala pelayaan di Jawa Timur nantinya tidak mungkin hanya melayani beberapa kelompok . Oleh karena itu harus ada filter. Setelah melakukan konsultasi dengan Biro Organisasi, Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Menteri Dalam Negeri yang disetujui akan dibentuk Dewan Pertimbangan Gubernur .
Hadir dalam acara tersebut para tokoh agama, para kiai serta pejabat di jajaran Kanwil Depag Provinsi Jawa Timur dan pejabat di jajaran Pemprov Jawa Timur.(Hen)


Surabaya, 25 Pebruari 2009
An. Biro Humas dan Protokol
Kepala Bagian Media dan Dokumentasi



Drs. SUHARDJO BAGUS TANTO, MSi
NIP. 510 063 268

Tidak ada komentar: