Rabu, 03 Juni 2009

SINGAPURA URUTAN KE-6 TUJUAN EKSPOR

Sebagai salah satu negara tujuan ekspor Jatim, Singapura posisinya berada pada urutan ke-6 pada th.2007. Neraca perdagangan Jatim dengan Singapura selama th. 2003-2007 setiap tahun selalu defisit. Impor Singapura ke Jatim menurun 36,01 % dengan nilai US$ 1.468,14 juta yang menempati urutan ke-2 pada th. 2007 dari negara pengimpor ke Jatim.
Sedangkan expor non migas Jatim ke Singapura th. 2007 mengalami kenaikan sebesar US$ 733,69 juta (71,69 %). Komoditi ekspor utama non migas ke Singapura adalah kimia dasar, besi baja, otomotif, rokok, pulp, kertas, pengolahan aluminium, makanan dan minuman, pengolahan karet, tekstil, pengolahan kayu, dll.
Hal itu dikatakan Plt. Sekda Prop. Jatim Drs. Chusnul Arifin Damuri, MSi, MM ketika menerima Kunjungan Kehormatan Atase Angkatan Darat Singapura, di Kantor Gubernur Jatim Jl. Pahlawan No. 110 Sby, Kamis (5/3).
Menurut Drs. Chusnul Arifin Damuri, MSi, MM, hubungan kerjasama bilaetral Jatim – Singapura makin erat setelah dilakukan penandatanganan MoU kerja sama antara Pemprov. Jatim dengan Singapore International Foundation (SIF) 30 Juni 2005 lalu. Kerja sama meliputi Kesejahteraan sosial, kesehatan, pendidikan, lingkungan, IPTEK, administarsi, dll.
Singapura merupakan salah satu dari lima negara investor utama di Jatim, nilai iinvestasinya sampai Desember 2007 sebesar US$ 1,862,886 juta untuk 113 buah proyek, a.l. bidang kimia dasar, besi baja, otomotif, rokok.
Kerjasama bilateral ini menurutnya perlu ditingkatkan, khususnya di bidang pariwisata. Wisatawan dari Singapura th. 2008 lalu mencapai 14 ribu orang. Diharapkan tahun ini bertambah baik karena banyak pesawat yang membuka jalur penerbangan langsung Surabaya – Singapura.
Menurut Sekda, perusahaan Singapura di Jatim selama ini tidak ada yang bermasalah. Diharapkan kedepan lebih banyak lagi investor Singapura yang menanamkan investasinya di Jatim, karena masih masih peluang investasi yang menjanjikan di Jatim ini, a.l. Industri pengolahan makanan, industri hasil laut, agro industri dan industri peralatan otomotif.
Dalam rangkaian kunjungan di Jatim tgl. 4 s/d 6 Maret ini, Kolonel David Chua ingin memperkenalkan diri sebagai Atase Angkatan Darat Singapura yang sedang bertugas di Kedutaan Singapura di Jakarta sejak 29/9 tahun lalu.
Dengan didampingi stafnya Stanley Goh, ia mengadakan rangkaian kunjungan ke Jatim, melakukan pembicaraan dengan Pimpinan TNI Angkatan Darat dan Kepolisian, antara lain dengan Pangdam V Brawijaya, serta mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang memiliki nilai-nilai budaya, karena pemerintah Singapura menganggap, jika bertugas di Indonesia harus menjalin hubungan baik dengan masyarakat sipil, karena penduduknya tidak hanya militer. ( Humas Setda. Prop. Jatim. Sil )

Surabaya, 5 Maret 2009

A.n. KEPALA BIRO HUMAS DAN PROTOKOL
Kepala Bagian Dokumentasi dan Media


Drs. SUHARDJO BAGUSTANTO, MSi
NIP. 510 063 268

Tidak ada komentar: